Flag off Maybank Marathon 2023 Dimulai Esok Pagi

September 26, 2023

 

Tanjung Benoa, 26 Agustus 2023 – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia”) hari ini menggelar konferensi pers untuk menyampaikan persiapan lomba lari ‘Elite’ label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia Maybank Marathon 2023 pada Minggu, 27 Agustus 2023 di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali.

Bertepatan dengan hari ke-2 penyelenggaraan Race Pack Collection (“RPC”) di Taman Bhagawan Bali, konferensi pers Maybank Marathon 2023 dihadiri Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, dan Direktur Keuangan Maybank Indonesia, Thila Nadason, serta awak media.

“Setelah selang tujuh bulan sejak Maybank Indonesia mengumumkan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 pada Januari lalu, kini tiba saatnya untuk menyambut puncak penyelenggaraan Maybank Marathon yang akan berlangsung pada esok hari Minggu (27/8). Pada esok pagi kami akan melakukan beberapa flag-off untuk melepas sekitar 13.600 peserta lari dari 50 negara termasuk Indonesia untuk mengikuti lomba pada masing-masing kategori yang telah dipilih peserta sebelumnya,” ungkap Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

Adapun, flag-off yang juga menjadi penanda dimulainya Maybank Marathon 2023 akan dilakukan secara bertahap. Flag-off untuk kategori Marathon akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA, kemudian kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA. Selain itu, flag-off juga akan dilakukan untuk kategori wheelchair dan children sprint. Tahun ini, Maybank Marathon menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar lebih untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

“Kami melihat animo peserta yang tinggi pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yang ditunjukkan melalui jumlah peserta Maybank Marathon yang meningkat 37% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olahraga lari, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga tersebut. Demikian juga, peran Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah melalui kebijakan yang mendorong mobilitas wisatawan maupun peserta Maybank Marathon 2023 untuk berkunjung ke Bali,” lanjut Taswin.

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elit internasional yang terdiri dari 6 (enam) atlet elit pria, dan 5 (lima) atlet elit wanita. Selain atlet elit internasional, juga mengikutsertakan 13 (tiga belas) atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari 6 (enam) atlet nasional marathon pria dan 7 (tujuh) atlet nasional marathon wanita. Ajang Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

Dalam konferensi pers, panitia menyampaikan informasi terkait pengamanan di sekitar rute Maybank Marathon 2023 yang terdiri dari sekitar 850 personil Polisi dari Kepolisian Daerah Bali dan sekitar 480 personil Pecalang yang berasal dari warga sekitar Kabupaten Gianyar. Kemudian, untuk menjaga kelancaran lalu lintas warga di sekitar rute, Kepolisian Daerah Bali akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang rute lomba, terutama Jalan Bypass I.B. Mantra, dan rute jalan di pedesaan mulai dari desa Ketewel, Guwang, sampai dengan Medahan.

Untuk fasilitas medis, panitia Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 850 marshall dan sekitar 180 paramedis, serta 30 unit ambulans, yang terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat, di sepanjang rute lari.

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami di dalam setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Selain tim pengamanan dan paramedis, kami juga mengerahkan 45 pacer berbekal keterampilan prosedur First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) apabila terjadi kondisi darurat,” jelas Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

Sejak Jumat (25/8) sampai dengan Sabtu (26/8), Maybank Indonesia menggelar RPC untuk peserta mengambil race pack sebelum berlaga di rute lari pada MInggu (27/8). Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, RPC pada Maybank Marathon 2023 ini dikemas ke dalam sebuah festival yang diramaikan dengan penampilan pengisi acara ternama di Indonesia, booth eksibisi program keberlanjutan Maybank Indonesia hingga booth produk-produk sponsor, Maybank Interactive Lounge dan VIP Customers Lounge. Para peserta dan kerabatnya dapat menikmati berbagai produk di RPC menggunakan fasilitas pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia pada aplikasi digital banking M2U dari Maybank Indonesia.

Panitia Maybank Marathon 2023 masih memberlakukan peraturan ‘You Register, You Run’ yang mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil race pack sesuai nama yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan. Demikian juga, slot lari tidak dapat dipindahtangankan dan peserta hanya dapat berlari di kategori yang telah dipilih. Penerapan ‘You Register, You Run’ adalah untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan para pelari saat mengikuti lomba. Tahun ini, Maybank Marathon akan memanfaatkan teknologi face recognition untuk mendukung penerapan ‘You Register, You Run’ pada proses pengambilan race pack.

 Dari segi sponsor, penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 didukung oleh Aqua, Bali Safari & Marine Park, Etiqa, New Balance, Pocari Sweat, BMW, Herbalife, Extra Joss, Kahf, Rexona, Garmin, Traveloka, Bali Island School, Indofood Ice Cream, Taman Bhagawan, Bali Hai, YAMAtune, Atlas, Optik Tunggal, Rintis, Fitbar, Salonpas, Rejuve, Biznet, Gambino, Shokz, Cardea, Salomon, Plataran, Ibis Bali Benoa, Prama, dan RS Kasih Ibu.

Maybank Marathon 2023 juga didukung oleh media partner di antaranya Metro TV, Jawa Pos, Tribunnews, Gatra, Kumparan, The Jakarta Post, Tempo, dan dukungan pemberitaan dari berbagai media ternama lainnya di Indonesia.

Maybank Indonesia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mendukung penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 di Bali. “Semoga penyelenggaraan race day Maybank Marathon 2023 esok hari dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan pengalaman tersendiri bagi pelari,” tutup Taswin.

***

 

Catatan Editor

Tentang Maybank Marathon

Maybank Marathon merupakan lomba lari marathon tingkat internasional yang diselenggarakan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia”) sejak 2012 yang memperlombakan ajang marathon dengan jarak 42,195 km, half marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km). Berbagai penghargaan telah diraih oleh Maybank Marathon, antara lain: termasuk dalam satu dari sebelas “Remarkable Races in the World that one must participate before you die” oleh the Active, salah satu dari “the 52 Best Races on Earth 2016” oleh Runner’s World, Best Marathon 2016, Best Half-Marathon 2015,dan the Most Popular Sport Event 2018 oleh majalah the Venue.

Pada tahun 2020, Maybank Marathon meraih sertifikasi ”elite” label road race dari badan atletik yang mengatur, mengawasi dan mensertifikasi penyelenggaraan perlombaan lari marathon di seluruh dunia, World Athletics atau dahulu IAAF. Selain itu, Maybank Marathon juga menjadi bagian dari ajang kualifikasi seri marathon World Championship Abbott World Marathon Major (“Abbott WMM”) Wanda Age Group World Rankings serta menjadi salah satu qualifying race Boston Marathon. Maybank Marathon 2019 menjadi ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (“PON”) di Papua pada 2021.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Maybank Marathon, antara lain: termasuk dalam satu dari sebelas “Remarkable Races in the World that one must participate before you die” oleh the Active, salah satu dari “the 52 Best Races on Earth 2016” oleh Runner’s World, Best Marathon 2016, Best Half-Marathon 2015,dan the Most Popular Sport Event 2018 oleh majalah theVenue.

Seluruh rute kategori lintasan Maybank Marathon telah disertifikasi oleh Association of International Marathons and Distance Races (“AIMS”) dan World Athletics (“WA”), atau dahulu dikenal dengan International Association of Athletics Federations (“IAAF”). Pengukuran rute juga dilakukan oleh International Measurement Administrator yang memegang Grade A IAAF-AIMS course measurer.

 

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.

Per Juni 2023, Maybank Indonesia memiliki 339 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 KCP Mobile dan 855 ATM (termasuk 26 Cash Recycle Machines/CRM) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp110,38 triliun dan memiliki total aset senilai Rp165,62 triliun pada Juni 2023.

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Dimas Tjahjono Dradjat

Head, Communications

Email: ccommunications@maybank.co.id

Telp: +6221 2922-8888